Ad Code

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 RPP 03

Nama Sekolah                      :  SMA Negeri 3 Bireuen
Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / semester                  :  X / 1
Tahun Pelajaran                   :  2014/2015
Alokasi Waktu                     :  4 Minggu x 4 JP

A.      Kompetensi Inti
                                            
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.3    Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
3.3.1   Mendefinisikan pengertian gerak
3.3.2   Membedakan jarak dan perpindahan
3.3.3   Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
2.2    Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
2.2.1   Melakukan  percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dengan menggunakan kereta atau mobil mainan
2.2.2   Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan konstan dengan menggunakan troly.
2.2.3   Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik

C.      Tujuan Pembelajaran    :
1.         Mendeskripsikan definisi dari beberapa besaran gerak.
2.         Menganalisis Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam kehidupan sehari-hari.
3.         Menganalisis Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam kehidupan sehari-hari.
4.         Menghitung besaran-besaran yang berkaitan dengan GLB, GLBB, dan gerak vertikal.
5.         Menggambar grafik gerak lurus beraturan.
6.         Menggambar grafik gerak lurus berubah beraturan.
7.         Menentukan perpindahan benda berdasarkan kurva kecepatan-waktu.
8.         Menganalisis gerak peluru sebagai perpaduan gerak dalam arah horizontal dan gerak dalam arah vertikal.
9.         Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak peluru.

Tujuan pengiring:
1.      Menumbuhkan kerjasama diantara siswa
2.      Menumbuhkan rasa percaya siswa
3.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat

D.      Materi Pembelajaran:
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
1.    Gerak lurus beraturan
2.    Gerak lurus berubah beraturan
                                           
E.       Strategi Pembelajaran
1.    Model pembelajaran: Model Project Based Learning
2.    Metode: - Eksperimen
-  Tanya Jawab
-  Ceramah
-  Diskusi kelompok

F.       Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (4 x 45 menit)
Tahap
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahapan Perencanaan Proyek
Kegiatan Pendahuluan:
1.      Apersepsi dan Motivasi
-       Guru berjalan beberapa langkah di depan kelas, kemudian menanyakan apakah saya malakukan gerak, bagaimana posisi saya? Kemudian melanjutkan dengan bertanya, apakah mobil yang melintas di jalanan tergolong melakukan gerak? Tahukah anak-anak, apa itu gerak?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu gerak lurus meliputi perpindahan, jarak, kelajuan, kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 1 tentang gerak lurus.
20 menit
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan Inti:
1.    Mengamati:
-        Siswa membaca proyek LKS 1
2.    Menanya:
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja proyek LKS 1 yang perlu dikonfirmasi.
3.    Mencoba:
-        Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 1
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 1.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada LKS 1.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dibuat.
4.    Mengasosiasi:
-        Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-        Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
5.    Mengomunikasikan
-        Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-        Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-        Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 1 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
140 menit
Tahap Penilaian
Penutup:
1.      Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
2.      Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3.      Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru.
4.      Guru memberitahukan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
20 menit




Pertemuan Kedua (4 x 45 menit)

Tahap
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahapan Perencanaan Proyek
Kegiatan Pendahuluan:
1.      Apersepsi dan Motivasi
-       Guru menanyakan pernahkah kamu mengamati bagaimana jalannya kereta api yang sedang melaju? Lintasannya lurus, parabola atau lingkaran?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu gerak lurus beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 2 tentang gerak lurus beraturan.
20 menit
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan Inti:
1.      Mengamati:
-        Siswa membaca proyek LKS 2
2.      Menanya:
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja proyek LKS 2 yang perlu dikonfirmasi.
3.      Mencoba:
-        Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 2
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 2.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada LKS 2.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dibuat.
4.      Mengasosiasi:
-        Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-        Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
5.      Mengomunikasikan
-        Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-        Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-        Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 2 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
140 menit
Tahap Penilaian
Penutup:
1.      Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok.
2.      Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3.      Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru.
4.      Guru memberitahukan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
20 menit

Pertemuan Ketiga (4 x 45 menit)

Tahap
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahapan Perencanaan Proyek
Kegiatan Pendahuluan:
1.  Apersepsi dan Motivasi
-       Guru menanyakan pernahkah kamu memerhatikan mobil berjalan yang akan berhenti atau sedang mulai berjalan? Bagaimanakah kecepatannya?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu gerak lurus berubah beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 3 tentang gerak lurus berubah beraturan.
20 menit
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan Inti:
1.      Mengamati:
-        Siswa membaca proyek LKS 3
2.      Menanya:
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja proyek LKS 3 yang perlu dikonfirmasi.
3.      Mencoba:
-        Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 3
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 3.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada LKS 3.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dibuat.
4.      Mengasosiasi:
-        Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-        Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
5.      Mengomunikasikan
-        Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-        Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-        Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 3 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
-        Setiap peserta didik menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
-        Peserta didik menyerahkan laporan praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya dikumpulkan tiga hari kemudian.
140 menit
Tahap Penilaian
Penutup:
1.      Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok.
2.      Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3.      Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru.
4.      Guru memberitahukan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
20 menit

Pertemuan Keempat (4 x 45 menit)

Tahap
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahapan Perencanaan Proyek
Kegiatan Pendahuluan:
1.      Apersepsi dan Motivasi
-       Guru menanyakan pernahkah kamu memerhatikan mobil berjalan yang akan berhenti atau sedang mulai berjalan? Bagaimanakah kecepatannya?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu gerak lurus berubah beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 4 tentang perpaduan gerak.
20 menit
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan Inti:
1.      Mengamati:
-        Siswa membaca proyek LKS 4
2.     Menanya:
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja proyek LKS 4 yang perlu dikonfirmasi.
3.    Mencoba:
-        Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 4
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 4.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada LKS 4.
-        Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dibuat.
4.    Mengasosiasi:
-        Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-        Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
5.    Mengomunikasikan
-        Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-        Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-        Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 4 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
140 menit
Tahap Penilaian
Penutup:
1.      Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok.
2.      Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3.      Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru.
4.      Guru memberitahukan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
20 menit

G.      Sumber dan Alat Belajar
-     Buku Fisika X, Marthen Kanginan, Erlangga
-     LKS
-     Alat dan bahan praktikum
-     Lingkungan

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
2.      Bentuk Instrumen     : Uraian tentang Kinematika Gerak lurus.
3.      Jenis Penilaian           : Ulangan harian
4.      Tindak Lanjut           :
-     Bagi siswa yang telah mencapai KKM diberikan pengayaan
-     Bagi siswa yang belum mencapai KKM diberikan remedial.

5.      Alat Penilaian (Lampiran 3)

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code