Ad Code

Contoh RPP Fisika Kurikulum 2013 Kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 RPP 03

Nama Sekolah         :  SMA Negeri 3 Bireuen
Mata Pelajaran        :  Fisika
Kelas / Semester      :  XI / 1
Tahun Pelajaran     :  2014/2015
Alokasi Waktu         :  4 x 4 JP

A.      Kompetensi Inti
                                            
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1     Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.3   Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari.
-     Menganalisis hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
-     Menghitung besar energi potensial dan energi kinetik
-     Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik
-     Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial
4.3  Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi.
-     Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
-     Memecahkan masalah energi mekanik dan hukum kekekalan energi mekanik.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, siswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian usaha.
2.      Merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya.
3.      Menghitung besar usaha dengan luas grafik F- s oleh suatu gaya.
4.      Merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya.
5.      Menginterpretasikan bahwa besarnya usaha yang dilakukan oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda
6.      Menjelaskan pengertian energi kinetik dan potensial gravitasi dan pegas berkaitan dengan usaha.
7.      Menjelaskan pengertian energi mekanik dan hukum kekekalan energi mekanik.

Tujuan pengiring:
1.      Menumbuhkan kerjasama diantara siswa
2.      Menumbuhkan rasa percaya siswa
3.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat

D.    Materi Pembelajaran:
       Usaha dan energi
1.    Energi kinetik dan energi potensial (gravitasi dan pegas)
2.    Konsep usaha
3.    Hubungan usaha dan energi kinetik
4.    Hubungan usaha dengan energi potensial
5.    Hukum kekekalan energi mekanik

E.     Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model     : Problem Posing
2.    Metode   : Ceramah, Tanya  jawab, eksperimen, dan diskusi kelompok 

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.         Laptop dan In fokus
b.         Buku Fisika XI, Marthen Kanginan, Erlangga
c.         Alat dan bahan praktikum

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan Pertama

Fase
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
2
3
Fase 1.
Memotivasi dan Penyampaian Tujuan
Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
-     Guru menanyakan kepada siswa, apakah kalian pernah melakukan usaha? Dengan kalian belajar fisika sungguh-sungguh supaya dapat nilai memuaskan, apakah dapat dikatakan usaha?
-     Guru menyuruh siswa untuk memperhatikan sebuah meja didepan. Kemudian guru mengingatkan bahwa meja diam tidak bergerak karena tidak diberi gaya. Lalu di beri gaya (dorong) pada meja tersebut ke depan.  Selanjutnya guru menanyakan apa yang terjadi bila pada meja tersebut diberi gaya? Apakah mendorong meja tersebut dikatakan melakukan sebuah suatu usaha? Apa pengertian dari usaha? (Menanya)

2.    Motivasi
-     Guru menjelaskan penerapan usaha dalam kehidupan sehari-hari
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini

20 menit
Fase 2.
Penyajian Materi
Kegiatan Inti
1.      Mengamati:
-     Melalui demonstrasi dan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian usaha dan kaitannya dengan energi serta usaha positif, usaha negatif dan usaha nol dalam kehidupan sehari-hari.

30 menit
Fase 3.
Memberikan Contoh Soal
2.      Mengasosiasi:
-     Guru menyajikan contoh soal untuk menghitung besarnya usaha pada suatu benda dan selajutnya menyajikan pemecahannya.
-     Guru menyajikan soal lain berdasarkan soal tersebut, dengan mengubah variabel yang ditanyakan.
-     Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
-     Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 01 tentang usaha.

40 menit
Fase 4.
Pembentukan Masalah (Problem Posing)
3.      Eksperimen atau Eksplorasi:
-     Siswa dibimbing guru untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja pada LKS 01 tentang usaha.
-     Setelah melakukan eksperimen, guru meminta siswa untuk mencatat hasil eksperimen pada LKS 01 tentang usaha yang telah disediakan dan selanjutnya melakukan sharing dengan anggota kelompok masing-masing
4.    Mengkomunikasi:
-     Secara selektif guru meminta perwakilan kelompok untuk menyakinkan hasil kerjanya didepan kelas dengan cara mempresentasikan hasil eksperimennya, memberikan pertimbangan ide kepada siswa yang lain dan semua siswa di dalam kelas sedangkan kelompok lain menanggapi bahan presentasi dari teman sekelas kemudian guru menanggapi jawaban siswa.
-     Guru merefleksikan hasil kerja siswa dan memberikan informasi lebih lanjut tentang permasalahan yang dibahas.

70 menit
Fase 5.
Evaluasi
Kegiatan Akhir
1.    Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan
2.    Guru membagikan soal yang berhubungan dengan energi potensial dan kinetik.
3.    Guru bersama-sama siswa menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini
4.    Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).

20 menit

       Pertemuan Kedua

Fase
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
2
3
Fase 1.
Memotivasi dan Penyampaian Tujuan
Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
-     Guru menanyakan, pernakah kalian lihat roda sepeda yang berputar, anak-anak yang berlari dan plastik yang melayang semuanya memiliki energi kinetik. Apa sih energi kinetik itu? Berapa besarnya!
-     Guru mendemonstrasikan; sebuah spidol yang di pegang di ujung jari yang jarak dari lantai kira-kira 1,5 m, kemudian menanyakan. Apakah spidol yang mengantung ditangan memiliki energi potensial? Kemudian spidol di jatuhkan, energi apakah ketika spidol jatuh ke tanah? (Menanya)

2.    Motivasi
-     Guru menjelaskan manfaat dan penerapan energi kinetik dan energi potensial dalam kehidupan sehari-hari.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini

20 menit
Fase 2.
Penyajian Materi
Kegiatan Inti
1.    Mengamati:
-     Melalui demonstrasi dan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian energi kinetik dan energi potensial dan kaitannya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

30 menit
Fase 3.
Memberikan Contoh Soal
2.    Mengasosiasi:
-     Guru menyajikan contoh soal untuk menghitung besarnya energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda dan selajutnya menyajikan pemecahannya.
-     Guru menyajikan soal lain berdasarkan soal tersebut, dengan mengubah variabel yang ditanyakan.
-     Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
-     Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 02 tentang energi kinetik dan energi potensial.
40 menit
Fase 4.
Pembentukan Masalah (Problem Posing)
3.      Eksperimen atau Eksplorasi:
-     Siswa dibimbing guru untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja pada LKS 02 tentang energi kinetik dan energi potensial.
-     Setelah melakukan eksperimen, guru meminta siswa untuk mencatat hasil eksperimen pada LKS 02 tentang energi kinetik dan energi potensial yang telah disediakan dan selanjutnya melakukan sharing dengan anggota kelompok masing-masing
4.    Mengkomunikasi:
-     Secara selektif guru meminta perwakilan kelompok untuk menyakinkan hasil kerjanya didepan kelas dengan cara mempresentasikan hasil eksperimennya, memberikan pertimbangan ide kepada siswa yang lain dan semua siswa di dalam kelas sedangkan kelompok lain menanggapi bahan presentasi dari teman sekelas kemudian guru menanggapi jawaban siswa.
-     Guru merefleksikan hasil kerja siswa dan memberikan informasi lebih lanjut tentang permasalahan yang dibahas.

70 menit
Fase 5.
Evaluasi
Kegiatan Akhir
1.    Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan
2.    Guru membagikan soal yang berhubungan dengan energi potensial dan kinetik.
3.    Guru bersama-sama siswa menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini
4.    Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).

20 menit



       Pertemuan Ketiga


Fase
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
2
3
Fase 1.
Memotivasi dan Penyampaian Tujuan
Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
-     Guru menanyakan, pernakah kalian berjalan pada jalan yang menanjak, mungkin kalian pernah melakukannya. Setelah naik yang cukup jauh ternyata perut dapat menjadi lapar. Mengapa bisa terjadi lapar? Contoh kejadian lain adalah pada gerak mobil. Mobil bergerak berarti ada gaya mesin yang melakukan usaha. Darimana usaha itu diperoleh?
-     Guru menampilkan gambar pada layar infokus dua benda usaha dan perubahan energi kinetik dan potensial seperti gambar dibawah ini.
 
-     Kemudian menanyakan bagaimanakah hubungan antara usaha dan energi kinetik serta potensial tersebut? (Menanya)
2.    Motivasi
-     Guru menjelaskan manfaat dan penerapan hubungan energi kinetik serta energi potensial dalam kehidupan sehari-hari.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini

20 menit
Fase 2.
Penyajian Materi
Kegiatan Inti
1.    Mengamati:
-     Melalui demonstrasi dan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian usaha dan energi kinetik serta energi potensial dan kaitannya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

30 menit
Fase 3.
Memberikan Contoh Soal
2.    Mengasosiasi:
-     Guru menyajikan contoh soal untuk menghitung besarnya usaha dan energi kinetik serta energi potensial pada suatu benda dan selajutnya menyajikan pemecahannya.
-     Guru menyajikan soal lain berdasarkan soal tersebut, dengan mengubah variabel yang ditanyakan.
-     Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
-     Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 03 tentang hubungan usaha dan energi kinetik serta energi potensial.

40 menit
Fase 4.
Pembentukan Masalah (Problem Posing)
3.      Eksperimen atau Eksplorasi:
-     Siswa dibimbing guru untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja pada LKS 03 tentang hubungan usaha dan energi kinetik serta energi potensial.
-     Setelah melakukan eksperimen, guru meminta siswa untuk mencatat hasil eksperimen pada LKS 03 tentang hubungan usaha dan energi kinetik serta energi potensial yang telah disediakan dan selanjutnya melakukan sharing dengan anggota kelompok masing-masing
4.    Mengkomunikasi:
-     Secara selektif guru meminta perwakilan kelompok untuk menyakinkan hasil kerjanya didepan kelas dengan cara mempresentasikan hasil eksperimennya, memberikan pertimbangan ide kepada siswa yang lain dan semua siswa di dalam kelas sedangkan kelompok lain menanggapi bahan presentasi dari teman sekelas kemudian guru menanggapi jawaban siswa.
-     Guru merefleksikan hasil kerja siswa dan memberikan informasi lebih lanjut tentang permasalahan yang dibahas.

70 menit
Fase 5.
Evaluasi
Kegiatan Akhir
1.    Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan
2.    Guru membagikan soal yang berhubungan dengan hubungan usaha dan energi kinetik serta energi potensial.
3.    Guru bersama-sama siswa menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini
4.    Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).
20 menit

Pertemuan Keempat

Fase
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
2
3
Fase 1.
Memotivasi dan Penyampaian Tujuan
Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
-     Guru menampilkan gambar pada layar infokus dua benda usaha dan perubahan energi kinetik dan potensial seperti gambar dibawah ini.
-     Kemudian guru menjelaskan, sebuah benda yang dilempar ke atas akan memiliki energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial dimiliki karena ketinggiannya, sedangkan energi kinetik karena geraknya. Makin tinggi benda tersebut terlempar ke atas, makin besar energi potensialnya. Namun, makin kecil energi kinetiknya. Pada ketinggian maksimal, benda mempunyai energi potensial tertinggi dan energi kinetik terendah. Saat benda jatuh, makin berkurang ketinggiannya makin kecil energi potensialnya, sedangkan energi kinetiknya makin besar. Ketika benda mencapai titik terendah, energi potensialnya terkecil dan energi kinetiknya terbesar. Mengapa demikian? (Menanya)
2.    Motivasi
-     Guru menjelaskan manfaat dan penerapan hukum kekekalan energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini

20 menit
Fase 2.
Penyajian Materi
Kegiatan Inti
1.    Mengamati:
-     Melalui demonstrasi dan tanya jawab guru menjelaskan tentang bunyi hukum kekekalan energi mekanik dan kaitannya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
30 menit
Fase 3.
Memberikan Contoh Soal
2.    Mengasosiasi:
-     Guru menyajikan contoh soal untuk menghitung tentang  hukum kekekalan energi mekanik pada suatu benda dan selajutnya menyajikan pemecahannya.
-     Guru menyajikan soal lain berdasarkan soal tersebut, dengan mengubah variabel yang ditanyakan.
-     Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
-     Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 04 tentang hukum kekekalan energi mekanik.

40 menit
Fase 4.
Pembentukan Masalah (Problem Posing)
3.      Eksperimen atau Eksplorasi:
-     Siswa dibimbing guru untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja pada LKS 04 tentang hukum kekekalan energi mekanik.
-     Setelah melakukan eksperimen, guru meminta siswa untuk mencatat hasil eksperimen pada LKS 04 tentang hukum kekekalan energi mekanik yang telah disediakan dan selanjutnya melakukan sharing dengan anggota kelompok masing-masing
4.    Mengkomunikasi:
-     Secara selektif guru meminta perwakilan kelompok untuk menyakinkan hasil kerjanya didepan kelas dengan cara mempresentasikan hasil eksperimennya, memberikan pertimbangan ide kepada siswa yang lain dan semua siswa di dalam kelas sedangkan kelompok lain menanggapi bahan presentasi dari teman sekelas kemudian guru menanggapi jawaban siswa.
-     Guru merefleksikan hasil kerja siswa dan memberikan informasi lebih lanjut tentang permasalahan yang dibahas.

70 menit
Fase 5.
Evaluasi
Kegiatan Akhir
1.    Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan
2.    Guru membagikan soal yang berhubungan dengan hukum kekekalan energi mekanik.
3.    Guru bersama-sama siswa menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini
4.    Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).
20 menit

Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.      Contoh Instrumen (Terlampir)
Guru Bidang Studi Fisika




Fajri, S.Pd
 
Mengetahui,
Kepala sekolah SMA Negeri 3 Bireuen



Hanafiah, S.Pd
Nip. 19641231 198903 1 090







Catatan Kepala Sekolah
.................................................................

Posting Komentar

2 Komentar

  1. lks untuk sd ada , materi usaha dan energi, trmakasih

    BalasHapus
  2. lks untuk sd ada , materi usaha dan energi, trmakasih

    BalasHapus

Ad Code