RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP 03
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Peusangan Selatan
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas / semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 4 JP
A. Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati, mengamalkan perilaku
jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.3
Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
3.3.1 Mendefinisikan
pengertian gerak
3.3.2 Membedakan
jarak dan perpindahan
3.3.3 Menyimpulkan
karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
2.2
Menyajikan
data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang
bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
2.2.1 Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dengan
menggunakan kereta atau mobil mainan
2.2.2 Melakukan
percobaan gerak
lurus dengan percepatan konstan dengan menggunakan troly.
2.2.3 Mempresentasikan
hasil percobaan
benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk
grafik
C. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Mendeskripsikan
definisi dari beberapa besaran gerak.
2.
Menganalisis
Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menganalisis
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menghitung
besaran-besaran yang berkaitan dengan GLB, GLBB, dan gerak vertikal.
5.
Menggambar
grafik gerak lurus beraturan.
6.
Menggambar
grafik gerak lurus berubah beraturan.
7.
Menentukan
perpindahan benda berdasarkan kurva kecepatan-waktu.
8.
Menganalisis gerak peluru sebagai
perpaduan gerak dalam arah horizontal dan gerak dalam arah vertikal.
9.
Menghitung besaran-besaran yang terkait
dengan gerak peluru.
Tujuan pengiring:
1.
Menumbuhkan kerjasama diantara siswa
2.
Menumbuhkan rasa percaya siswa
3.
Memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengemukakan pendapat
D. Materi
Pembelajaran:
Gerak Lurus
dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
1.
Gerak lurus beraturan
2.
Gerak lurus berubah beraturan
E. Strategi Pembelajaran
1.
Model pembelajaran: Model Project
Based Learning
2.
Metode: - Eksperimen
-
Tanya Jawab
-
Ceramah
-
Diskusi kelompok
F. Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
(4 x 45 menit)
Tahap
|
Rincian
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Tahapan Perencanaan Proyek
|
Kegiatan Pendahuluan:
1.
Apersepsi dan
Motivasi
- Guru
berjalan beberapa langkah di depan kelas, kemudian menanyakan apakah saya
malakukan gerak, bagaimana posisi saya? Kemudian melanjutkan dengan bertanya,
apakah mobil yang melintas di jalanan tergolong melakukan gerak? Tahukah
anak-anak, apa itu gerak?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu
gerak lurus meliputi perpindahan, jarak, kelajuan, kecepatan dan percepatan
konstan.
3. Siswa diminta
membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 1 tentang gerak lurus.
|
20 menit
|
Tahap
Pelaksanaan
|
Kegiatan Inti:
1.
Mengamati:
-
Siswa membaca proyek LKS 1
2.
Menanya:
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
proyek LKS
1 yang perlu dikonfirmasi.
3. Mencoba:
-
Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 1
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 1.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada
LKS 1.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah
dibuat.
4.
Mengasosiasi:
-
Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan
data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-
Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta
didik dalam kerja kelompok
5.
Mengomunikasikan
-
Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-
Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi
penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-
Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 1 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
|
140 menit
|
Tahap Penilaian
|
Penutup:
1.
Guru menilai keterampilan menggunakan alat,
mengolah, menalar dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta
kerjasama dalam kelompok
2.
Bersama
peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya
kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan,
mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan
komunikasi dalam kerja kelompok
3.
Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan
guru.
4.
Guru memberitahukan materi pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan Kedua
(4 x 45 menit)
Tahap
|
Rincian
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Tahapan Perencanaan Proyek
|
Kegiatan Pendahuluan:
1.
Apersepsi dan
Motivasi
-
Guru menanyakan pernahkah kamu mengamati
bagaimana jalannya kereta api yang sedang melaju? Lintasannya lurus, parabola
atau lingkaran?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu
gerak lurus beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta
membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 2 tentang gerak lurus beraturan.
|
20 menit
|
Tahap
Pelaksanaan
|
Kegiatan Inti:
1. Mengamati:
-
Siswa membaca proyek LKS 2
2.
Menanya:
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
proyek LKS
2 yang perlu dikonfirmasi.
3. Mencoba:
-
Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 2
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 2.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada
LKS 2.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah
dibuat.
4.
Mengasosiasi:
-
Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan
data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-
Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta
didik dalam kerja kelompok
5.
Mengomunikasikan
-
Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-
Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi
penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-
Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 2 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
|
140 menit
|
Tahap Penilaian
|
Penutup:
1. Guru menilai keterampilan
menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam
kelompok.
2. Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan
pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3. Siswa mencatat pekerjaan rumah
yang diberikan guru.
4. Guru memberitahukan materi
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan Ketiga
(4 x 45 menit)
Tahap
|
Rincian
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Tahapan Perencanaan Proyek
|
Kegiatan Pendahuluan:
1. Apersepsi dan Motivasi
-
Guru menanyakan pernahkah
kamu memerhatikan mobil berjalan yang akan berhenti atau sedang mulai
berjalan? Bagaimanakah kecepatannya?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu
gerak lurus berubah beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta
membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 3 tentang gerak lurus berubah beraturan.
|
20 menit
|
Tahap
Pelaksanaan
|
Kegiatan Inti:
1. Mengamati:
-
Siswa membaca proyek LKS 3
2. Menanya:
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
proyek LKS
3 yang perlu dikonfirmasi.
3. Mencoba:
-
Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 3
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 3.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada
LKS 3.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah
dibuat.
4. Mengasosiasi:
-
Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan
data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-
Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta
didik dalam kerja kelompok
5.
Mengomunikasikan
-
Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-
Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi
penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-
Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 3 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
-
Setiap peserta didik menyiapkan laporan hasil
praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
-
Peserta didik menyerahkan laporan praktikum melalui
email, sedangkan laporan cetaknya dikumpulkan tiga hari kemudian.
|
140 menit
|
Tahap Penilaian
|
Penutup:
1. Guru menilai keterampilan
menggunakan alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerjasama dalam
kelompok.
2. Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan
pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3. Siswa mencatat pekerjaan rumah
yang diberikan guru.
4. Guru memberitahukan materi
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan Keempat
(4 x 45 menit)
Tahap
|
Rincian
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Tahapan Perencanaan Proyek
|
Kegiatan Pendahuluan:
1.
Apersepsi dan
Motivasi
-
Guru menanyakan pernahkah
kamu memerhatikan mobil berjalan yang akan berhenti atau sedang mulai
berjalan? Bagaimanakah kecepatannya?
2. Guru menyampaikan topik yang akan dibahas yaitu
gerak lurus berubah beraturan meliputi kecepatan dan percepatan konstan.
3. Siswa diminta
membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 perkelompok, posisi anggota kelompok diatur berhadap hadapan.
4. Guru membagikan LKS, Perwakilan kelompok diminta untuk mengambil LKS 4 tentang perpaduan gerak.
|
20 menit
|
Tahap
Pelaksanaan
|
Kegiatan Inti:
1. Mengamati:
-
Siswa membaca proyek LKS 4
2.
Menanya:
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
proyek LKS
4 yang perlu dikonfirmasi.
3. Mencoba:
-
Mengarahkan siswa dalam penyelesaian proyek LKS 4
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS 4.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pada
LKS 4.
-
Melalui bimbingan guru, masing-masing kelompok
diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah
dibuat.
4. Mengasosiasi:
-
Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan
data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
-
Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta
didik dalam kerja kelompok
5.
Mengomunikasikan
-
Dua perwakilan kelompok mempresentasikan proyek hasil kerja kelompok
-
Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi
penguatan pemahaman dan mengklarifikasi
-
Setiap peserta didik menyiapkan hasil praktikum proyek LKS 4 dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
|
140 menit
|
Tahap Penilaian
|
Penutup:
1. Guru menilai keterampilan menggunakan
alat, mengolah, menalar dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta
kerjasama dalam kelompok.
2. Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan
pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
3. Siswa mencatat pekerjaan rumah
yang diberikan guru.
4. Guru memberitahukan materi
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
20 menit
|
G.
Sumber
dan Alat Belajar
- Buku Fisika X, Marthen Kanginan,
Erlangga
-
LKS
-
Alat dan bahan praktikum
-
Lingkungan
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Uraian tentang Kinematika
Gerak lurus.
3. Jenis Penilaian : Ulangan
harian
4. Tindak Lanjut :
- Bagi siswa yang telah mencapai KKM
diberikan pengayaan
- Bagi siswa yang belum mencapai KKM
diberikan remedial.
5.
Alat Penilaian (Lampiran 3)
0 Komentar