Ad Code

RPP Selembar Materi teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) Genap 2021/2022

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1)

 

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 3 Bireuen

Mata Pelajaran

:

Bahasa Inggris

Kelas / Semester

:

X  (Sepuluh) / Genap

Alokasi Waktu

:

2 JP (2 x 30 Menit)

Materi Pokok/ Sub Materi

:

Istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya serta ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan)

 

Tujuan Pembelajaran

§  Melalui proses pembelajaran materi teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) dengan menggunakan model discovery, peserta didik diharapkan jujur dan teliti dalam menuliskan istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya serta ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan) dengan ide-ide baru berdasarkan berbagai sumber belajar. Peserta didik juga diharapkan teliti dan objektif, mampu bekerja sama, serta terampil dalam menyusun simpulan, dan mengomunikasikannya dalam bentuk laporan tertulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

§  Berdoa, menyiapkan peserta didik dan motivasi, apersepsi, menyampaikan tujuan, dan menjelaskan garis besar kegiatan.

Kegiatan Inti ( 40 Menit )

Stimulus

§  Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi fungsi sosial dengan cara : melihat, mengamati, membaca, menulis mendengar, menyimak materi istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya serta ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan)

Identifikasi masalah

§  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar mengenai materi istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya serta ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan)

Pengumpulan data

 

§  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: mengamati obyek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang materi yang sedang dipelajari

Pengolahan data

§  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : berdiskusi, mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari materi yang sedang dipelajari

Verifikasi / Pembuktian

§  Peserta didik memverifikasi hasil diskusi dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi materi yang sedang dipelajari

Menarik kesimpulan

§  Peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari sesuai dengan arahan guru.

Kegiatan Akhir

(10 menit)

§  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini, dan memberikan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dengan cara: Berpesan agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan penuh rasa syukur .

Penilaian

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Instrumen penilaian terlampir)

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA ............................

 

 

....................................................

NIP. ...............................................

 

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

 

 

.....................................

NIP. ...................

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 2)

 

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 3 Bireuen

Mata Pelajaran

:

Bahasa Inggris

Kelas / Semester

:

X  (Sepuluh) / Genap

Alokasi Waktu

:

2 JP (2 x 30 Menit)

Materi Pokok/ Sub Materi

:

Persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

 

Tujuan Pembelajaran

§  Melalui proses pembelajaran materi teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) dengan menggunakan model discovery, peserta didik diharapkan jujur dan teliti dalam menuliskan persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya dengan ide-ide baru berdasarkan berbagai sumber belajar. Peserta didik juga diharapkan teliti dan objektif, mampu bekerja sama, serta terampil dalam menyusun simpulan, dan mengomunikasikannya dalam bentuk laporan tertulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

§  Berdoa, menyiapkan peserta didik dan motivasi, apersepsi, menyampaikan tujuan, dan menjelaskan garis besar kegiatan.

Kegiatan Inti ( 40 Menit )

Stimulus

§  Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi fungsi sosial dengan cara : melihat, mengamati, membaca, menulis mendengar, menyimak materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

Identifikasi masalah

§  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar mengenai materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

Pengumpulan data

 

§  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: mengamati obyek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

Pengolahan data

§  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : berdiskusi, mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

Verifikasi / Pembuktian

§  Peserta didik memverifikasi hasil diskusi dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya

Menarik kesimpulan

§  Peserta didik membuat kesimpulan dari materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya sesuai dengan arahan guru.

Kegiatan Akhir

(10 menit)

§  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini, dan memberikan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dengan cara: Berpesan agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan penuh rasa syukur .

Penilaian

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Instrumen penilaian terlampir)

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA ............................

 

 

....................................................

NIP. ...............................................

 

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

 

 

.....................................

NIP. ...................

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 3)

 

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 3 Bireuen

Mata Pelajaran

:

Bahasa Inggris

Kelas / Semester

:

X  (Sepuluh) / Genap

Alokasi Waktu

:

2 JP (2 x 30 Menit)

Materi Pokok/ Sub Materi

:

Analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

 

Tujuan Pembelajaran

§  Melalui proses pembelajaran materi teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) dengan menggunakan model discovery, peserta didik diharapkan jujur dan teliti dalam menuliskan analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan dengan ide-ide baru berdasarkan berbagai sumber belajar. Peserta didik juga diharapkan teliti dan objektif, mampu bekerja sama, serta terampil dalam menyusun simpulan, dan mengomunikasikannya dalam bentuk laporan tertulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

§  Berdoa, menyiapkan peserta didik dan motivasi, apersepsi, menyampaikan tujuan, dan menjelaskan garis besar kegiatan.

Kegiatan Inti ( 40 Menit )

Stimulus

§  Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi fungsi sosial dengan cara : melihat, mengamati, membaca, menulis mendengar, menyimak materi analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

Identifikasi masalah

§  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar mengenai materi analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

Pengumpulan data

 

§  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: mengamati obyek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

Pengolahan data

§  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : berdiskusi, mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari materi analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

Verifikasi / Pembuktian

§  Peserta didik memverifikasi hasil diskusi dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi materi analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan

Menarik kesimpulan

§  Peserta didik membuat kesimpulan dari materi analisis deskripsi dengan tabel untuk menganalisis teks pemberitahuan sesuai dengan arahan guru.

Kegiatan Akhir

(10 menit)

§  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini, dan memberikan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dengan cara: Berpesan agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan penuh rasa syukur .

Penilaian

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Instrumen penilaian terlampir)

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA ............................

 

 

....................................................

NIP. ...............................................

 

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

 

 

.....................................

NIP. ...................

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 4)

 

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 3 Bireuen

Mata Pelajaran

:

Bahasa Inggris

Kelas / Semester

:

X  (Sepuluh) / Genap

Alokasi Waktu

:

2 JP (2 x 30 Menit)

Materi Pokok/ Sub Materi

:

Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

 

Tujuan Pembelajaran

§  Melalui proses pembelajaran materi teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) dengan menggunakan model discovery, peserta didik diharapkan jujur dan teliti dalam menuliskan nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb dengan ide-ide baru berdasarkan berbagai sumber belajar. Peserta didik juga diharapkan teliti dan objektif, mampu bekerja sama, serta terampil dalam menyusun simpulan, dan mengomunikasikannya dalam bentuk laporan tertulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

§  Berdoa, menyiapkan peserta didik dan motivasi, apersepsi, menyampaikan tujuan, dan menjelaskan garis besar kegiatan.

Kegiatan Inti ( 40 Menit )

Stimulus

§  Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi fungsi sosial dengan cara : melihat, mengamati, membaca, menulis mendengar, menyimak materi nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

Identifikasi masalah

§  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar mengenai materi nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

Pengumpulan data

 

§  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: mengamati obyek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

Pengolahan data

§  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : berdiskusi, mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari materi nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

Verifikasi / Pembuktian

§  Peserta didik memverifikasi hasil diskusi dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi materi nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb

Menarik kesimpulan

§  Peserta didik membuat kesimpulan dari materi nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb sesuai dengan arahan guru.

Kegiatan Akhir

(10 menit)

§  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan dan membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini, dan memberikan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dengan cara: Berpesan agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan penuh rasa syukur .

Penilaian

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Instrumen penilaian terlampir)

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA ............................

 

 

....................................................

NIP. ...............................................

 

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

 

 

.....................................

NIP. ...................

 

 

Lampiran 1 : Bahan Ajar

Announcement : Pengertian, Tujuan, Jenis, Generic Structure,

Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

 

Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering menemukan produk dari functional text seperti iklan, pengumuman dan lainnya. Dalam bahasa Inggris terdapat functional text yang sering di pakai dan ditemui yaitu, Pengumuman atau bahasa Inggrisnya disebut dengan Announcement. Pada kesempatan ini IBI akan membahas tentang Announcement.

Pengertian Announcement

Announcement adalah pernyataan (pemberitahuan resmi) dalam bentuk lisan atau tulis yang berisi sesuatu untuk di ketahui oleh semua orang. Namun, tidak semua orang yang mendengar atau membaca pengumuman tersebut berkepentingan atas pengumuman tersebut. Pengumuman dapat kita dengar atau baca dimana saja, misalnya pengumuman lisan disekolah atau di tempat-tempat umum, sedangkan pengumuman tertulis dapat kita baca di papan pengumuman, di majalah, dan di koran.

Jenis Announcement

  • Pengumuman orang hilang
  • Berita Duka
  • Berita pernikahan, ulang tahun, peresmian dan kelahiran
  • Pengumuman Pemenang
  • Lowongan pekerjaan
  • Iklan
  • Laporan kegiatan /acara
  • Pemberitahuan/ himbauan dari pemerintah

Tujuan Announcement

“The purpose is to inform the announcement text information about an event, job vacancies, new enrollment, new admissions, and so on”. Tujuan announcement text adalah untuk memberitahukan informasi tentang sebuah acara, Lowongan pekerjaan, penerimaan murid baru, penerimaan mahasiswa baru, dan sebagainya dengan memberikan informasi yang berbentuk formal kepada masyarakat umum atau masyarakat tertentu (To give a formal written notice of certain events).

Generic Structure Announcement

1.      Title: Ini adalah bagian yang paling penting karena mewakili isi keseluruhan dari pengumuna tersebut. Meski begitu kadang tidak disebutkan dengan jelas

2.      Explanation: Penjelasan lebih lanjut tentang pengumunan tesebut. Biasanya terdiri dari informasi dasar yang mencakup: jenis kegiatan, waktu, tempat, dan partisipant.

Bagian-bagian Announcement

  • Judul atau jenis kejadian (The title/type of event)
  • Tanggal dan waktu (date and time)
  • Tempat (place)
  • orang/alamat yang dapat dihubungi (contact person/address)

Contoh Announcement

  1. Pengumuman orang hilang

contoh Missing person announcement

 2. Berita pernikahan

Contoh Announcement Of the wedding

3. Berita Duka

contoh Obituaries announcement

 

Lampiran Instrumen Penilaian

Lampiran 1 (PENILAIAN)

1.      Penilaian  Kompetensi  Sikap

a.       Sikap yang menjadi fokus penilaian adalah rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin, kreatif , mandiri, dapat bekerjasama, jujur,percaya diri serta pantang menyerah.

 

b.      Jurnal Penilaian Sikap:

 

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        : SMA Negeri 3 Bireuen

Tahun pelajaran                       : 2021/2022

Kelas/Semester                        : X / Genap

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris

 

No

Hari dan tanggal

Nama Peserta Didik

Kelas

Kejadian/prilaku

Butir sikap

Kategori

Tindak lanjut

+

-

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

11.

 

 

 

 

 

 

 

 

12.

 

 

 

 

 

 

 

 

13.

 

 

 

 

 

 

 

 

14.

 

 

 

 

 

 

 

 

15.

 

 

 

 

 

 

 

 

16.

 

 

 

 

 

 

 

 

17.

 

 

 

 

 

 

 

 

18.

 

 

 

 

 

 

 

 

19.

 

 

 

 

 

 

 

 

20.

 

 

 

 

 

 

 

 

21.

 

 

 

 

 

 

 

 

22.

 

 

 

 

 

 

 

 

23.

 

 

 

 

 

 

 

 

24.

 

 

 

 

 

 

 

 

25.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan: Hasil penilaian sikap dalam jurnal akan direkap dalam satu semester dan diserahkan ke wali kelas, untuk dipertimbangkan dalam penilaian sikap dalam rapor (menunjang penilaian sikap dari guru PAI dan guru PPKN)

2.        Instrumen Penilaian Pengetahuan

 

 

Read the announcements carefully. Then fill in the blanks.

 

Announcement 1

 

BE A ONE-DAY TV NEWS READER!

 

Nusantara English Club (NEC) will have a trip to TVku Studio in Jl. Amarta. The trip will be on 25th August 2017. Members who want to join the trip, please register to Mrs. Hidayah. Registration will close on 21st August 2017. TVku Studio will let the members watch how to broadcast programs and to read the news.

 

Don't miss it!

Leader of Nusantara English Club

Reyhan Chairul Alim

 

  1. Nusantara English Club invites the members to join a __________ to TVku Studio.
  2. This is a __________ trip.
  3. The members must __________ their participation with Mrs. Hidayah.
  4. Not all students may __________ the trip.
  5. TVku will let the members to be __________ readers on that day.

Jawaban:

1. trip

2. members

3. register

4. join

5. broadcaster

 

Announcement 2

 

LET'S GO GREEN

 

Our school will conduct a green campaign. We will plant more trees and recycle our garbage to make our school clean and green. take part in the campaign.

  • Donate one tree to our school. Give your tree to Mr. Stewart. He will arrange a place for your tree,
  • Do not litter. Put your garbage in the right container.

1.      The school will __________ more trees.

2.      The students must __________their garbage in the right container.

3.      The students can donate __________ to the school.

4.      Mr. Stewart will __________ where to plant the trees.

5.      The campaign is to make the school __________ and green.

Jawaban:

1. plant

2. put

3. one tree / trees

4. arrange

5. clean

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Read the announcements and answer the questions.

 

Text

 

WE CAN HELP

 

To: All 9th graders

We are approaching the end of our days at SMP Mazaya Islamic Boarding School. Soon we will leave the school we love very much. Let's leave something memorable for the school and for students in need. Do not ruin your uniforms by spraying them with paint. Do not throw away your books.

 

Donate your books and uniforms to the seventh and eighth graders. You might never know that your books and uniforms are badly needed by some of them. Give these to Mrs. Heni at the staff office. The school is going to distribute them to the needy students. Come on pals, let's do something useful.

Avatar Choir

Chief of Student Organization

 

  1. Why did Avatar write the announcement?
  2. What should students do if they wants to donate their uniforms?
  3. From the text, we can conclude that the 9th  graders are going to . . .
  4. "Do not ruin your uniforms by spraying them with paint." The underlined word has a similiar meaning to . . .

 

Jawaban

To persuade her friends to donate their things to the needy.

They should give them to Mrs. Heni

graduate soon

cut / break / spoil

 

 

 

3.        Instrumen Penilaian Keterampilan

 

a.      Penilaian Presentasi/Monolog

 

Nama peserta didik: ________                                        Kelas: _____

 

No.

Aspek yang Dinilai

Baik

Kurang baik

1.

Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)

 

 

2.

Isi presentasi (kedalaman, logika)

 

 

3.

Koherensi dan kelancaran berbahasa

 

 

4.

Bahasa:

 

 

 

Ucapan

 

 

 

Tata bahasa

 

 

 

Perbendaharaan kata

 

 

5.

Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)

 

 

Skor yang dicapai

 

 

Skor maksimum

10

 

Keterangan:

Baik mendapat skor 2

Kurang baik mendapat skor 1

b.      Penilaian Kemampuan Menulis

 

No

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Skor 1-5

Skor 1-4

1

Keaslian

Penulisan

Sangat original

5

4

Original

4

3

Cukup original

3

2

Kurang memahami

Hampir tidak

original

2

1

Tidak original

1

 

2

Kesesuaian

isi dengan

judul

Isi sangat sesuai dengan judul

5

4

Isi sesuai dengan judul

4

3

Isi cukup sesuai dengan judul

3

2

Isi kurang sesuai dengan judul

Isi hampir tidak

sesuai dengan judul

2

1

Isi tidak sesuai dengan judul

1

 

3

Keruntutan Teks

Keruntutan teks sangat tepat

5

4

Keruntutan teks tepat

4

3

Keruntutan teks cukup tepat

3

2

Keruntutan teks kurang tepat

Isi hampir tidak

sesuai dengan judul

2

1

Keruntutan teks tidak tepat

1

 

4

Pilihan

Kosakata

Pilihan kosakata sangat tepat

5

4

Pilihan kosakata tepat

4

3

Pilihan kosakata cukup tepat

3

2

Pilihan kosakata kurang tepat

Pilihan kosakata hampir tidak tepat

2

1

Pilihan kosakata tidak tepat

1

 

5

Pilihan tata bahasa

Pilihan tata bahasa sangat tepat

5

4

Pilihan tata bahasa tepat

4

3

Pilihan tata bahasa cukup tepat

3

2

Pilihan tata bahasa kurang tepat

Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat

2

1

Pilihan tata bahasa tidak tepat

1

 

6

Penulisan Kosakata

Penulisan kosakata sangat tepat

5

4

Penulisan kosakata tepat

4

3

Penulisan kosakata cukup tepat

3

2

Penulisan kosakata kurang tepat

Penulisan kosakata hampir tidak tepat

2

1

Penulisan kosakata tidak tepat

1

 

7

Kerapihan Tulisan

Tulisan rapi dan mudah terbaca

5

4

Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca

4

3

Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca

3

2

Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca

Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca

2

1

Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca

1

 

 

c.       Penilaian Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)

 

No

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Skor 1-5

Skor 1-4

1

Pengucapan (pronounciation)

Hampir sempurna

5

4

Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak

mengganggu makna

4

3

Ada beberapa kesalahan dan

mengganggu makna

3

2

Banyak kesalahan

dan mengganggu

makna

Hampir semua

salah dan

mengganggu

makna

2

1

Terlalu banyak

kesalahan dan

mengganggu makna

1

 

2

Intonasi (intonation)

Hampir sempurna

5

4

Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak

mengganggu makna

4

3

Ada beberapa kesalahan dan

mengganggu makna

3

2

Banyak kesalahan

dan mengganggu

makna

Hampir semua

salah dan

mengganggu

makna

2

1

Terlalu banyak

kesalahan dan

mengganggu makna

1

 

3

Kelancaran (fluency)

Sangat lancar

5

4

Lancar

4

3

Cukup lancar

3

2

Kurang lancar

Sangat tidak lancar

2

1

Tidak lancar

1

 

4

Ketepatan Makna (accuracy)

Sangat tepat

5

4

Tepat

4

3

Cukup tepat

3

2

Kurang tepat

Hampir tidak tepat

2

1

Tidak tepat

1

 

 

Skor Penilaian

No.

Huruf

Rentang angka

1.

Sangat Baik (A)

86-100

2.

Baik (B)

71-85

3.

Cukup (C)

56-70

4.

Kurang (D)

≤ 55

 

 

 

 

  

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code