Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mengkaji sifat-sifat materi dalam ruang dan waktu beserta konsep-konsep gaya dan energi terkait.
Pada kurikulum merdeka, capaian pembelajaran Fisika pada akhir
fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu
global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan
tersebut antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan
dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi,
mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek
sederhana atau simulasi visual menggunakan apilkasi teknologi yang tersedia
terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nano
teknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan seharihari, pemanfaatan limbah
dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus.
Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan
pembangunan yang berkelanjutan (SDGs). Melalui pengembangan sejumlah
pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti
jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong
dan berkebhinekaan global.
Alur tujuan pembelajaran terdiri dari 5 fase E, salah satunya
adalah fase 10.1 yaitu menjelaskan dan merancang prosedur kerja ilmiah untuk
menyelidiki hubungan antar variabel pada fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
kata kunci metode ilmiah sebagai prosedur kerja secara sistematis untuk
memperoleh pengetahuan.
Berikut disajikan modul kurikulum merdeka Mata Pelajaran Fisika
materi Hakikat Fisika dan Metode Ilmiah.
2 Komentar
Tq
BalasHapusTq...izin download
BalasHapus