Ad Code

RPP Kapasitor

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah

:

SMA Negeri 

Mata Pelajaran

:

Fisika

Kelas / Semester

:

XII (Duabelas) / Ganjil

Alokasi Waktu

:

2 JP (2 x 45 Menit)

Materi Pokok/ Sub Materi

:

Kapasitor

 

A.      Kompetensi Inti

Kompetensi sikap : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

KI3:    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab, fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4:   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi  potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus

3.2.1    Mengidentifikasi kapasitor

3.2.2    Menganalisis susunan rangkaian kapasitor dalam penerapannya pada berbagai kasus

3.2.3    Membedakan susunan rangkaian seri dan paralel

4.2          Melakukan percobaan berikut presentasi hasil percobaan kelistrikan (misalnya pengisian dan pengosongan kapasitor) dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.2.1   Menyajikan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kapasitas kapasitor

4.2.2   Merangkai kapasitas kapasitor gabungan dalam rangkaian listrik

4.2.3   Menyajikan manfaat kapasitor dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui penerapan model pembelajaran discoverry learning diharapkan peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dengan menggali informasi dari berbagai sumber belajar tentang kapasitas kapasitor dan rangkaian kapasitor, dan menyajikan konsep kapasitas kapasitor dan rangkaian kapasitor diharapkan peserta didik berprilaku jujur, disipin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran dan damai), serta bertanggung jawab selama proses pembelajaran berlangsung yang dibarengi dengan prilaku mensyukuri nikmat, berdoa, toleran pada agama yang berbeda serta  taat beribadah untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

D.      Materi Pembelajaran:

Kapasitas Kapasitor

Faktual:                gambar rangkaian kapasitor

Konseptual:          kapasitor

                             susunan kapasitor

Prinsip:                 membandingkan rangkaian seri dan paralel

Prosedural:           mengamati rangkaian seri dan paralel

 

E.     Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan          : Saintifik

2.    Model                  : Discovery Learning

3.    Metode                : Ceramah, Tanya  jawab, eksperimen, dan diskusi

 

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.

Media Pembelajaran

:

LCD, LKPD, Laptop, White Board, Spidol

2.

Alat dan Bahan

:

Kit Listrik

3.

Sumber Belajar

:

Buku guru fisika kelas XII, Buku siswa fisika kelas XII diterbitkan Depdikbud, lingkungan, internet, buku fisika kelas XII, Marthen Kanginan, Erlangga

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Langkah Discovery Learning

Deskripsi

Hal yang diintegrasikan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

 

-        Guru memberi salam dan memeriksa  kehadiran peserta didik.

-        Guru mengkondisikan peserta didik agar duduk  secara kelompok

-        Peserta didik berdoa menurut kepercayaannya serta duduk menurut kelompok nya.

-        Peserta didik mendapatkan informasi dari guru bahwa pada pertemuan ini bertujuan  mempelajari tentang kapasitor.

-        Guru menjelaskan urutan kegiatan pada pertemuan ini

-        Guru menyampaikan informasi tentang penilaian yang akan dilakukan pada akhir pertemuan.

-        Guru memotivasi peserta didik dengan cara menanyakan, pernahkah kalian melihat kapasitor, coba kalian sebutkan contoh pemanfaatan kapasitor dalam kehidupan sehari-hari?.

.

PPK: salam, berdoa, responsif

 

 

4C: komunikatif

15 menit

Kegiatan Inti

 

 

 

 

Stimulation (stimulasi/Pemberian rangsangan)

-        Peserta didik diingatkan guru bahwa harus aktif untuk menemukan sendiri pengetahuan yang harus dipahami dan dikuasainya (discovery learning).

-        Peserta didik mengamati gambar berbagai macam kapasitor yang sediakan oleh guru.

PPK: aktif

 

4 C:

Komunikasi dan Berpikir Kritis

 

Literasi:

Mengamati gambar

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

-        Guru menanyakan kepada peserta didik: sebelumya kita telah mempelajari tentang rangkaian listrik seri dan paralel, pada pertemuan kapasitor ada juga rangkaian seri dan paralel. Apakah sama persamaan antara rangkaian listrik seri dan parallel dengan rangkaian kapasitor seri dan paralel?. kemudian untuk apa dipasang komponen kapasitor pada rangkaian susunan alat-alat listrik?

 

PPK:

Santun

 

Data collection (pengumpulan data)

-        Peserta didik menjawab pertanyaan dengan jujur sesuai  daya nalar masing-masing

-        Setelah peserta didik mengungkapkan semua kemungkinan jawaban, guru meminta peserta didik bekerja sama dalam kelompoknya untuk mengikuti petunjuk dari LKPD dan bahan ajar

PPK: responsive dan jujur,

Literasi : Membaca LKPD dan bahan ajar

4 C:

Komunikasi, kreatif

Data processing (pengolahan Data)

-        Peserta didik dari setiap kelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan aktif.

PPK:

Aktif, jujur, bekerjasama, tanggung jawab, peduli, disiplin

4C:

komunikasi

Verification (pembuktian)

-        Peserta didik melakukan presentasi kelompok dari hasil kerja.

-        Guru menilai hasil presentasi secara individu atau kelompok

PPK:  aktif

 

4 C:

Komunikatif, Koloborasi

Generalization (menarik kesimpulan/gene-ralisasi)

-        Peserta didik membuat kesimpulan dari materi pembelajaran sesuai arahan guru.

PPK:

aktif

responsif

4C:

Komunikasi

Penutup

 

-        Peserta didik dan guru merangkum keseluruhan materi pembelajaran hari ini

-        Guru meminta peserta didik  merefleksi proses dan materi pembelajaran dengan menanyakan: Bagaimanakah pendapatmu tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini?.

-        Guru melakukan evaluasi terhadap seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dengan cara meminta siswa menjawab soal tes sebanyak 2 soal.

-        Guru memberikan tindak lanjut dan menginformasikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dengan memberikan tugas dan arahan untuk kegiatan berikutnya dengan cara: Berpesan agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dari buku paket dan bahan ajar.

-        Guru dan peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan salam dan penuh rasa syukur .

PPK: pro-aktif, salam dan rasa syukur.

 

4 C:

Komunikasi kolaborasi

15 menit

 

 

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Teknik penilaian yang digunakan adalah: tes, pengamatan, dan proyek (Instrumen penilaian terlampir)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 : Bahan Ajar

KAPASITOR

 

Kapasitor (kondensator) adalah : alat yang terdiri dari dua penghantar berdekatan yang dimaksudkan untuk diberi muatan sama besar dan berlawanan jenis.

Fungsi dari Kapasitor.

1.      Untuk menghilangkan bunga api listrik pada rangkaian-rangkaian yang mengandung kumparan bila tiba-tiba diputuskan.

2.      Pada rangkaian yang dipakai untuk menghidupkan mesin mobil.

3.      Untuk memperbesar effisiensi daya transmisi (penyebaran) arus bolak-balik.

4.      Untuk memilih panjang gelombang (tuning) pesawat penerima radio.

Setiap kapasitor mempunyai kapasitas (C), yaitu perbandingan antara besar muatan (Q) dari salah satu keping dengan beda potensial (V) antara kedua keping-kepingnya.

C = kapasitor

satuan = Coulomb/Volt

Q = muatan

satuan = Coulomb

V = beda potensial

satuan = Volt

 

Rangkaian Kapasitor

 

1.      Rangkaian Seri

 

Dua kapasitor atau lebih dapat disusun secara seri dengan ujungnya yang disambung-sambungkan secara berurutan seperti pada gambar di bawah ini.


1.      Q total = Q1 = Q2 = Q3

2.      ε = Vtot = V1 + V2 + V3

3.      1/Cs   = 1/C1 + 1/C2  + 1/C3

 

2. Rangkaian Paralel



1.      Q total = Q1 + Q2 + Q3

2.      ε = Vtotal = V1 = V2 = V3

3.      Cp   = C + C2  + C3

 

Energi yang tersimpan dalam kapasitor ( W ) dinyatakan dengan persamaan:

W =  q2 / C

W =  qV

W =  C V2

Keterangan:

W =  Energi yang tersimpan dalam kapasitor, J

q  =  muatan pada kapasitor, coulomb

C  =  kapasitas kapasitor, farad

V  =  Beda potensial, volt

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GAMBAR KAPASITOR

 

 


 

 

 

 

 

Lampiran 2 : Instrumen Penilaian

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan     : ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Tahun pelajaran                   : ,,,,,,,,,,,,,,,.........

Kelas/Semester                      : XII (Duabelas) / Ganjil

Mata Pelajaran                      : Fisika

 

No

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Kejadian/

Perilaku

Butir Sikap

Positif/ Negatif

Rencana Tindak Lanjut

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

23

 

 

 

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri 3 Bireuen

 

 

 

Zulfikri, S. Ag

NIP. 19760427 200312 1003

 

Guru Mata Pelajaran Fisika

 

 

 

Dra. Roslina Laili Lubis

NIP. 19670907 199512 2 001

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

 

 

Teknik                         : Tes Tertulis

Metode                        : Tugas Individu

Bentuk Instrumen       : Uraian

 

IPK

Indikator Soal

No Soal

Butir Soal

Kunci Jawaban

Skor

Menganalisis susunan rangkaian kapasitor dalam penerapannya pada berbagai kasus

 

Menganalisis rangkaian susunan gabungan seri dan parallel dalam soal hitungan

 

1

Lima kapasitor C1, C2, C3, C4, dan C5 disusun seperti gambar berikut dan dihubungkan dengan sumber tegangan 6 V.


Muatan listrik pada kapasitor C1 adalah ... (1 μ = 10−6 )

 


       = 2 μF

Cp = Cs + C4
     = 2 μF + 7 μF
     = 9 μF


      = 4,5 μF

Dengan demikian, muatan listrik yang mengalir pada kapasitor C1 adalah 

Q = CV
    = 4,5 μF × 6 V
    = 27 μC

Jadi, besar muatan listrik pada kapasitor C1 adalah 27 μC

20

Menganalisis susunan rangkaian kapasitor dalam penerapannya pada berbagai kasus

 

Menganalisis rangkaian susunan gabungan seri dan parallel dalam soal hitungan

 

2

Perhatikan gambar rangkaian kapasitor di bawah ini!


Nilai muatan total pada rangkaian kapasitor tersebut adalah ... (1 μF = 10−6 F).


      = 1 μF

Cp = nC
     = 2 × 0,5 μF
     = 1 μF

C = Cs + Cp
   = 1 μF + 1 μF
   = 2μF

Dengan demikian, nilai muatan totalnya adalah 

Q = CV
    = 2 μF × 3 volt
    = 6 μC

Jadi, muatan total rangkaian kapasitor di atas adalah 6 μC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD)

 

Judul                      : Kapasitor dan Susunan Kapasitor

Tujuan Diskusi  : Menyajikan persamaan kapasitor dan susunan kapasitor dalam soal hitungan

 

Bahan Diskusi:

1.      Perhatikan gambar rangkaian kapasitor ini!




Besar energi listrik pada kapasitor gabungan adalah ... (1 μF = 10−6 F).

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.      Perhatikan gambar rangkaian kapasitor di bawah ini!





Besar energi kapasitor total pada rangkaian adalah…

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

(PENILAIAN LEMBAR KERJA)

 

SatuanPendidikan     : SMA

Mata Pelajaran          : Fisika

Kelas/Semester          : XII/Ganjil

 

Tabel : Rubrik Penilaian Lembar Kerja

 

Tingkat

Kriteria

4

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini

3

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima

2

Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.

Ciri-ciri:

Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.

1

Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan yang berhubungan dengan masalah ini.

Ciri-ciri:

Semua jawaban salah, atau

Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.

0

Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN LEMBAR KERJA

KELAS : XII.…………..

 

No

NamaSiswa

Tingkat

Nilai

Ket.

4

3

2

1

1.       

 

 

 

 

 

 

2.       

 

 

 

 

 

 

3.       

 

 

 

 

 

 

4.       

 

 

 

 

 

 

5.       

 

 

 

 

 

 

6.       

 

 

 

 

 

 

7.       

 

 

 

 

 

 

8.       

 

 

 

 

 

 

9.       

 

 

 

 

 

 

10.   

 

 

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code