Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 2 Mendidik dan Mengajar Pelatihan Merdeka Belajar
A. Mendidik Menyeluruh
Manakah peran yang paling dominan Anda lakukan di dalam kelas?
a. Mendidik
b. Mengajar (√)
c. Mendidik dan Mengajar
2. Cerita Reflektif:
Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi Anda sewaktu menjadi murid dulu?
Jawaban:
Sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi saya sewaktu menjadi murid dulu adalah guru yang cerdas, paham kebutuhan muridnya, tidak membeda-bedakan muridnya dan selalu memberikan kesempatan agar muridnya bisa mengutarakan pendapat ataupun memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi pelajaran yang dijelaskan.
B. Pendidikan Selama Satu Abad
Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak lagi di praktikkan di kelas:
a. Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai
mengerjakan tugas
b. Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan dan kelas hening
c. Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap
mata pelajaran
d. Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan
video, melalui tulisan, dsb
e. Memukul murid
karena tidak mengerjakan tugas (√)
2. Cerita Reflektif:
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi guru?
Jawaban:
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah saya lakukan selama menjadi guru adalah menuntut para siswa untuk mencapai target-target penilaian saya pada materi pelajaran yang saya ajarkan.
C. Menjadi Manusia (secara) Utuh
Pendidikan atau “tuntunan” seharusnya memberikan murid:
a. didikan pengetahuan
b. didikan ‘lahir’
c. didikan ‘batin’
d. didikan hidup
e. didikan lahir
dan batin (√)
2. Cerita Reflektif:
Jika kembali ke semester lalu dimana Anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid Anda, di materi apa Anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Jawaban:
Materi yang ingin saya ajarkan kembali jika kembali ke semester lalu ketika saya merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid saya adalah tenses dan grammar karena saya adalah guru Bahasa Inggris (Silakan diganti dengan Mta Pelajaran yang Anda ampu) dan hal itu merupakan hal yang paling saya tuntut dalam pemahaman murid ketika mengajar. Saya juga ingin memperbaiki cara mengajar dan bagaimana mengasah nalar dan kemampuan berpikir.
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Soal 1 dari 12
1. Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…
Tuntunan guru untuk membimbing murid
Tuntutan dalam proses pembelajaran
Tuntutan murid untuk beradaptasi
Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya
2. Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat
Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya
Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal
3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
Guru menyampaikan cara membuat puisi
Guru mengamati minat murid terhadap puisi
Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan
4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
Menuntun
Tuntunan
Pendidikan
Pengajaran
5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah ...
Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
Akal budi yang berkembang
Kekuatan murid yang semakin meningkat
Arah minat dan perubahan karakteristik diri
6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara ...
Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan
7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…
Murid malas belajar
Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
Murid tertekan untuk sekolah
Sistem penilaian tidak sesuai
8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya....
pendidikan emosional dan kecerdasan
olah rasa dan pendidikan intelektual
pendidikan intelektual dan emosional
pendidikan emosional dan olah rasa
9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
berperasaan
dapat bekerja berdasar kehendak
mengatur orang lain
10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
Humanis, Oportunis, Kerakyatan
Humanis, Kerakyatan, dan Praktis
Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
Humanis, Kebangsaan, dan Intelektualistis
11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...
berdaya
berbudi pekerti
beriman
berkuasa atas kehendak diri
12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
Penting untuk masa depan
Membuat diri murid menjadi seimbang
Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan
Baca Juga !
0 Komentar