Ad Code

Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Post Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 2 Mendidik dan Mengajar Pelatihan Merdeka Belajar

A. Mendidik Menyeluruh

1. Latihan Pemahaman:

Manakah peran yang paling dominan Anda lakukan di dalam kelas?

a. Mendidik
b. Mengajar (√)
c. Mendidik dan Mengajar

2. Cerita Reflektif:

Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi Anda sewaktu menjadi murid dulu?

Jawaban:

Sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi saya sewaktu menjadi murid dulu adalah guru yang cerdas, paham kebutuhan muridnya, tidak membeda-bedakan muridnya dan selalu memberikan kesempatan agar muridnya bisa mengutarakan pendapat ataupun memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi pelajaran yang dijelaskan.

B. Pendidikan Selama Satu Abad

1. Latihan Pemahaman

Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak lagi di praktikkan di kelas:

a. Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas
b. Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan dan kelas hening
c. Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata pelajaran
d. Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan video, melalui tulisan, dsb
e. Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas (√)

2. Cerita Reflektif:

Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi guru?

Jawaban:

Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah saya lakukan selama menjadi guru adalah menuntut para siswa untuk mencapai target-target penilaian saya pada materi pelajaran yang saya ajarkan.

C. Menjadi Manusia (secara) Utuh

1. Latihan Pemahaman

Pendidikan atau “tuntunan” seharusnya memberikan murid:

a. didikan pengetahuan
b. didikan ‘lahir’
c. didikan ‘batin’
d. didikan hidup
e. didikan lahir dan batin (√)

2. Cerita Reflektif:

Jika kembali ke semester lalu dimana Anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid Anda, di materi apa Anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?

Jawaban:

Materi yang ingin saya ajarkan kembali jika kembali ke semester lalu ketika saya merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid saya adalah tenses dan grammar karena saya adalah guru Bahasa Inggris (Silakan diganti dengan Mta Pelajaran yang Anda ampu) dan hal itu merupakan hal yang paling saya tuntut dalam pemahaman murid ketika mengajar. Saya juga ingin memperbaiki cara mengajar dan bagaimana mengasah nalar dan kemampuan berpikir.


Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Soal 1 dari 12

1. Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…

 Tuntunan guru untuk membimbing murid

Tuntutan dalam proses pembelajaran

Tuntutan murid untuk beradaptasi

Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

2. Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?

Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat

Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya

 Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya

Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal

3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:

Guru menyampaikan cara membuat puisi

Guru mengamati minat murid terhadap puisi

Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru

Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan

4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.

 Menuntun

 Tuntunan

 Pendidikan

 Pengajaran

5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah ...

 Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya

 Akal budi yang berkembang

 Kekuatan murid yang semakin meningkat

 Arah minat dan perubahan karakteristik diri

6.  Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara ...

 Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran

 Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan

 Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan

 Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

7.  Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…

 Murid malas belajar

 Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan

 Murid tertekan untuk sekolah

 Sistem penilaian tidak sesuai

8.  Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya....

 pendidikan emosional dan kecerdasan

 olah rasa dan pendidikan intelektual

 pendidikan intelektual dan emosional

 pendidikan emosional dan olah rasa

9.  Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...

berpikir merdeka dalam ketertiban bersama

 berperasaan

 dapat bekerja berdasar kehendak

 mengatur orang lain

10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...

 Humanis, Oportunis, Kerakyatan

 Humanis, Kerakyatan, dan Praktis

 Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan

 Humanis, Kebangsaan, dan Intelektualistis

11.  Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...

 berdaya

 berbudi pekerti

 beriman

 berkuasa atas kehendak diri

12.  Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…

 Penting untuk masa depan

 Membuat diri murid menjadi seimbang

 Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid

 Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

Baca Juga !

Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman danPost Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

 

 

Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan PostTest Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan PostTest Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code