Soal Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
A. Latihan Pemahaman :
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah…
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia.
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran,
perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya.
D. Budi pekerti
atau watak hanya dibentuk di sekolah (√)
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula
rasa dan teori negatif (√)
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa
B. Cerita Reflektif :
Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini?
Jawab :
Sebelum masuk ke dalam sekolah, pada pintu gerbang siswa dibiasakan untuk menyapa, memberi salam, bersikap sopan, dan santun. Kemudian siswa juga dibiasakan untuk memarkirkan sepeda sesuai dengan tempatnya.
Pada awal pembelajaran siswa dibiasakan untuk berdoa mengingat kepada sang Pencipta dan bersyukur atas kesempatan belajar pada hari ini.
Pada pembahasan materi pembelajaran kita membiasanya siswa untuk menyapa guru dan teman, membiasakan siswa untuk meminta ijin jika ingin menggunakan barang orang lain, meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan teman atau orang lain, serta pada akhir pembelajaran dibiasakan untuk mengucap salam perpisahan.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih
Kecerdasan Budi Pekerti
1. Teori konvergensi didasarkan atas
dua teori utama, yaitu…
C. Teori 'tabularasa' dan teori 'negatif'.
2. Memiliki
sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
C. Psikomotorik.
3. Menurut
Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
4. Tempat
utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
B. Keluarga
5. Ki
Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia
atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan
karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
D. Pengetahuan
6. Bagian
yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan
lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
B. Bagian Biologis
7. Ketrampilan
pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang
dapat berubah jika...
B. Dipengaruhi keadaan dan lingkungan
8. Teori
yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan
ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik
merupakan teori ...
D. Tabularasa
9. Budi
pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...
A. Jiwa
10. Proses
belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
A. Menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
11. Apa
yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan
kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
12. Ki
Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. Biologis dan intelligible
Baca Juga !
Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman danPost Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar
Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan PostTest Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
0 Komentar