Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 3 Merdeka Belajar
A. Kodrat Murid
1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” dimana murid berada disebut:
A. Trikon
B. Kodrat Keadaan
C. Kodrat Alam
(√)
D. Kodrat Zaman
2. Kodrat Keadaan merupakan…
A. Bagian terpenting dari saat mengajar
B. Bagian yang harus disadari oleh guru
C. Bagian yang
tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid (√)
D. Bagian yang terpisahkan dari pembelajaran
3. Melalui pembelajaran di tiktok, menurut Bapak/ Ibu, kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?
A. Berpikir kritis
B. Kreatif dan Inovatif
C. Komunikasi
D. Kolaborasi
E. Semua jawaban
benar (√)
Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?
Jawab :
Untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid, saya menggunakan Instagram, YouTube, dan Facebook sebagai media untuk mengasah ketrampilan abad ke-21 murid saya.
B. Materi Trikon
1. Latihan Pemahaman :
Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?
A. Konsentris
B. Konvergen
C. Kontinuitas
(√)
D. Konvergensitas
2. Cerita Reflektif :
Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?
Jawab :
Dengan
asas trikon dapat memperbaiki proses pembelajaran yang malas, kurangnya
pemahaman materi, dan tidak efektif. Penerapan asas trikon sangat
berpengaruh dalam pengembangan sistem pendidikan saat ini.
Pembahasan
Agar
pendidikan dapat terlaksana dengan baik, maka Ki Hajar Dewantara yang
menetapkan asas trikon yaitu; Kontinuitas (Tidak melupakan akar nilai
budaya), Konvergeni (Pendidikan harus memanusiakan manusia), dan Konsentris
(Pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan murid). Berikut
ini adalah penjelas dari tiga hal tersebut:
1.
Kontinyu
Artinya
pengembangan yang dilakukan harus berkesinambungan, dilakukan secara
terus-menerus dengan perencanaan yang baik. Suatu kondisi yang baik tidak
mungkin dapat dicapai dalam sekali waktu seperti sebuah sulap. Tahap demi tahap
pengembangan dilakukan dengan rencana yang matang.
2.
Konvergen
Artinya
pengembangan yang dilakukan dapat mengambil dari berbagai sumber di luar,
bahkan dari praktik pendidikan di luar negeri. Praktik-praktik tesebut dapat
kita pelajari untuk nantinya disesuaikan dengan kebutuhan yang kita miliki
sendiri. Saat ini teknologi informasi telah sedemikian canggih sehingga guru
atau kepala sekolah dapat mempelajari berbagai kemajuan pendidikan dari mana
saja dan kapan saja.
3.
Konsentris
Artinya
pengembangan pendidikan yang dilakukan harus tetap berdasarkan kepribadian kita
sendiri. Tujuan utama pendidikan adalah menuntun tumbuh kembang anak secara
maksimal sesuai dengan karakter kebudayaannya sendiri.
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi
Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
1. Menurut
Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
kodrat
alam dan kodrat zaman.
kodrat alam dan kodrat dunia.
kodrat zaman dan kodrat dunia.
kodrat dunia dan kodrat akhirat.
2. Apa
saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan
kekuatan-kekuatan kodratnya?
Pembelajaran kontekstual dan
lingkungan yang mendukung.
Peran guru sebagai fasilitator
dan lingkungan yang mendukung.
Peran guru sebagai
fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
Keterampilan hidup dan peran
guru sebagai penghubung.
3. Kebudayaan
menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
kontinuitas.
konvensi.
konvergen.
konsentris.
4. Saat
ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang
dapat guru lakukan?
Guru dapat berperan sebagai
sumber instruksi pembelajaran mandiri.
Guru dapat berperan sebagai
pengawas proses belajar di sekolah.
Guru
dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
Guru dapat berperan
menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
5. Selain
peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu
mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya...
pembelajaran mandiri.
pembelajaran praktis.
pembelajaran demokratis.
pembelajaran
kontekstual.
6. Murid
sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai
dengan....
minat dan potensinya.
tuntutan masa depan.
target belajar di sekolah.
kebutuhan lingkungannya.
7. Berikut
ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada
pada setiap murid ...
Kepekaan dalam
mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid
Kepekaan dalam menentukan potensi
untuk setiap murid
Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid
Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid ...
Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. prinsip tersebut adalah...
Kontinyu
Konvensi
Konvergen
Konsentris
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali..
mengoptimalisasi potensi diri.
meningkatkan kualitas hidup secara berkesinambungan.
hidup dengan minimalis dan secukupnya.
menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang.
Baca Juga !
Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman danPost Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar
0 Komentar